Mendadak Bego

di hari Minggu nan cerah ceria sedikit berawan ini, diriku terpana melihat si adek yang kelas 3 SMA itu tenggelam di balik tumpukan kertas-kertas yang berserakan dan buku-buku persiapan UAN-SPMB-UM-UGM-dan-sejenisnya yang terhampar di meja ruang tamu.

pikir gue:

GILEEEE! adek gue insap! libur-libur geneh blajar?

dan slanjutnya, penasaran dengan ocehan-ocehan dia kepada diri sendiri dan sibuk nyorat-nyoret kertas buram gue pun menghampiri sang adek dan melihat apa yang sedang dia kerjakan.

hoo… ternyata, belajar MATEMATIKA! ;))
ngeliat gue ngampiri, si adek pun treak-treak, “Mba, Mba! ajariiiiii…

:)) si adek udah tau reputasi gue yang waktu SMA ini amat sangat menyukai pelajaran Matematika dan bisa dibilang nilai Matematika-nya ga pernah jeblok kcuali pas TPHBS (semacem Ebtada gitu deh *halah jadul skali bahasanya*) dulu, nilainya NYARIS LULUS (kurang satu lagi jawaban bener, pasti waktu itu gue LULUS!).

jadi, dia langsung menyorongkan soal ke gue. gue pun dengan muka sok pinter sambil cengar-cengir mulai membaca soal.

Limit bla bla blabla dengan fungsi bla bla bla bla…

weks. gue langsung pusing. apa pulak ini? limit? hahahaha. jaman dulu gue paling males ngejawab soal macem ituh, limit, fungsi, INTEGRAL. beuh, MALAS.

kalo jaman dulu, gue paling suka sama aljabar. aljabar yang simpel yah, yang ga perlu pake akar-akaran pake simbol-simbol memuakkan itu. hih, MALAS. langsung aja gue bilang gini ke si adek dengan muka masih sok pinter, “duh, maap deh. yang ini mah gue kaga ahli. model soal yang laen sih masih bisa”

trus gue liat-liat soal laennya. mak yaaa…
APAAN NEH? GUE UDAH LUPA!

dan gue menyerah. ga bisa bantuin adek gue. mungkin beberapa gue bisa bantuin eh ternyata dia bisa ngerjainnya. kampret. otak gue kembali tumpul 😐

begitupun ketika beberapa waktu yang lalu adek gue yg laen, kelas 3 SMP, minta diajarin. tentang sudut-sudutan. gile, gue masih inget sih tapi gue tetep bingung puter otak waktu diminta ngerjain soalnya.

semakin tua, kemampuan otak semakin menurun. mungkin karna emang gue ga terbiasa lagi menyentuh pelajaran-pelajaran itu. bayangin aja, selama kuliah mah, maenan gue cuman struktur, pondasi, rencana atep, dll. matematika ada sih mata kuliahnya tapi cuman satu semester. jadi yah maap saja kalo gue udah lupa dan mendadak menjadi bego waktu ditanyain sama adek-adek gue.

padahal, inget jaman SMA dulu, gue paling suka kalo udah disuruh ngerjain LKS Matematika. LKS gue ampe butek dan kumel gara-gara keseringan dibolak-balik. halamannya ampe bolong gara-gara keseringan gue apusin :)) dan dulu, gara-gara ngerjain soalnya paling cepet, gue pun dengan senang hati mengacungkan tangan kalo guru nantang murid-muridnya buat maju ke depan kelas :))

sekarang? hihihihi… mendadak gue jadi bego pas disodorin soal-soal SPMB sama adek gue (ya eyalah, dulu aja gue kaga lolos!).

dulu gue kalo ngitung masih oke-oke aja pake sistem manual, nyorat-nyoret kertas buram. bahkan pas ulangan umum Matematika gue pasti bawa kertas buram cadangan karna pasti kertas buram yang dikasih pengawas bakal abis gue coretin! =)) sekarang mah lebih ngandelin TUNYU’AN :))

dudududuh, musti nge-refresh otak lagi nih gue ;))

PS: gambar dicolong dari sana.

18 comments

  1. aku NYESEL udah BENCI SEJARAH!!
    wakakakak =))

    :))
    kalo aku sih, emang BENCI SEJARAH dari dulu ;))

    Reply

  2. Agagagaga.. I use to hate PISIKA.. Hakhak.. G twny pas kuliah sama jg ktm anstruk n mekter :((

    :)) emang geblek kau

    Reply

  3. ih aku dulu paling bego matematikma fisika,kalkulus aja dapet E diulang 2x cuma dapet C. Yang bagus Biologi, i used to be a doctor. Salah jurusan 🙁

    waktu tes psikologi aku juga katanya pantes masuk kedokteran. tapi maaf, AKU BENCI HAFALAN ;))

    Reply

  4. wah, kita sama Thie! gw jg suka jd “guru les” adik gw yg masih SMA. 😀
    cuma bedanya sampe skrg pas udh kuliah gw msh ketemu limit dan integral.
    ada kalkulus 1, 2, dan lanjutan! :))
    jd yah matematika gw msh terus terasah. ;))

    yah enaklah dirimu. tidak seperti diriku yg harus menahan tengsin. mendadak jadi bego 😐

    Reply

  5. hahaha.. jelas aja uthie lupa lah. kapan terakhir kali uthie nyentuh soal-soal SMA? 😛

    doain ibu kosmu juga yah 🙂 tanggal 5-6 april mo ujian…

    salam buat adikmuh, “moga2 kita berdua lulus…”

    Reply

  6. beuh… matematika… males ah.
    untung UAN kemaren nilainya 9.67 *glek*
    sumpah, ndak tau saya kok bisa dapet segituh… *sujud sujud*

    Reply

  7. Ya ampun.. tunyu’an itu kalkulator yah?? wakkakaa.. baru tahu Ridu.. hebat euy jago matematika!

    Reply

  8. bukan semakin bego, cuma peringatan dari yang maha kuasa, kalo kita sudah semakin tua dan makin dekat dengan tanah..hiiiii..

    Reply

  9. kalo gw udah lupa babar blas, lah wong programming aja udah lupa, padahal terakhir pake kira2 3 tahun lalu dan gw juga lulusan ilmu komputer, hehehehe

    Reply

  10. aljabar, kalkulus, logika matematka dan matriks adalah makanan sehari-hari dulu waktu kuliah, sekarang lupaaa semua

    Reply

  11. Malang sekali nasibmu nak!! Melupakan pelajaran yang keluar di ujian itu.. haaha :))

    Yah sabar sajah 😀

    Matematika? Integral? mLimit? Sudah setahun tidak mendengar nama-nama itu 😀

    Hei, janganlah benci sejarah, lo tw gw skrg nyesel bgd gak dengerin Guru Sejjarah gw ngoceh.

    Jurusan gw Sejarahnya ternyata lumayan kenceng juga. huhu 🙁 untung pas ujian semester boleh buka buku. 😀 mudah2an semester ini dapet guru bgini lagi..

    Ayo Thie, brjuang me-refreshkan otakmu kembali!!

    GANBATTE!!

    *menyemangati ala cheerleader sambil bw pompom*

    Reply

  12. waahh matematika?? hohohohh no thanks 😀

    dari dulu saya anti ma tuh pelajaran, apalagi ma yg namanya Kimia, klo Fisika sih mendingan…*hapal rumus, paham soalnya bisa nurunin jawabanan, nah klo matematik yg kudu perhitungan ini itu ditambh dgn banyaknya istilah de el el.. huhuhuhh…

    smangatt aja deh, moga adek2 mu lulus ya say 😉

    Reply

Leave a Reply