lagi asik-asik baca koran yang baru dateng, gue diganggu sama sebuah iklan dari sebuah operator CDMA terkenal (dan banyak juga temen gue yg make *ngelirik sana sini sono ;)) )

okeh, iklan itu ada di antara sebuah artikel yang ngabisin ampir sehalaman koran.

GSM MAHAL BERLAGAK MURAH, EMANG NGURAS DUIT.
PAKE ESIA, TERIMA TELPON MALAH DAPET DUIT!

yg bikin ganggu itu, kata-katanya!
ampuunn! gue ngerti sih elu nawarin tarif elu dan smua operator juga begitu. tapi, PLIS DONG! apa iya harus ampe ngejelek-jelekin operator laen? mnurut gue, bahasanya itu sama aja ngajak brantem! dan ga cuman iklan di koran aja, di tipi pun, operator itu juga sama aja kata-katanya. ngajak adu jotos!

bukannya mo ngebela operator yg udah setia gue pake selama lebih dari 4 taun yah, tapi operator yg gue pake ini seenggaknya lebih manusiawi dan ber-peri-ngiklan-an. sepanjang gue ngebaca iklan di koran, operator ini ga pernah ngejelek-jelekin operator laen. dan jelas-jelas ngasi tanda bintang di sebelah huruf segede-gede gaban ‘Rp. 1/detik‘-nya, which is menandakan kalo emang tarif itu punya ketentuan dan syarat-syarat. begitupun dengan operator yang laen. mungkin nyindir-nyindir pernah, tapi ga separah operator yang ini kan?

buat gue sih wajar yah. kalo emang mau dapet yg murah, kudu ada kompensasinya juga. ga bisa cuman kita yg untung sementara pihak laen dirugikan. ga bisa gitu. nah, ini juga berlaku buat persaingan tarif operator seluler. kalo mo dapet murah, tentu ada syarat-syaratnya juga. toh walopun gitu, banyak juga yg tergiur dan kemakan iklan. ya kan? ;))

kayak gue, yg ngerasa diuntungkan dengan program isi pulsa xtra yg ditawarin oleh operator yg gue pake. dengan ngisi pulsa xtra, gue bebas nge-sms mereka-mereka yg pake operator sama ampe jempol gue karatan, GRATIS! 100 sms per hari selama sebulan. enak kan? tapi, kompensasinya, gue harus ngerogoh kocek lebih dalem tiap bulannya, skitar 100 rebu demi bisa menikmati fasilitas tersebut dan harus tahan ga ngeboros-borosin pulsa cepek gue itu slama sbulan.

pun kayak tarip Rp.1/detik-nya. yg punya syarat-syarat tertentu. karna gue ga terlalu suka telpon-telponan, gue ga ambil pusing. tapi buat mereka yg mungkin suka telpon-telponan itu termasuk tarif murah meskipun syarat-syaratnya bikin pusing. tapi buktinya banyak kok yg akhirnya pindah ke operator ini demi nelpon Rp. 1/detik-nya. ya ga? ;;)

kalo soal pindah-pindah operator ato bandar simcard (punya aneka macem simcard seluler! wakakaka!), itu sih urusan masing-masing yah. gue ga mo ambil pusing. suka-suka dia lah.

tapi, gue paling males sama iklan yg begitu itu tuh! kok ya kesannya, DIA OPERATOR PALING OKE! dengan majang iklan segede-gede gaban di koran nasional gitu, bikin mata katarak dan males baca koran cuman gara-gara iklan sebiji. huh!
plis deh, ga ngerti sopan santun kali yah tuh bagian periklanannya. gue rasa pemerintah harus bikin peraturan mengenai periklanan deh ;))

PS: maaf buat yg make operator tersebut, bukan maksut hati menghina dll. cuman mau mengungkapkan kekesalan. percaya deh, ga ada operator yg sempurna. masing-masing pasti punya sisi baik dan buruknya šŸ˜€