Bahasa Iklan

lagi asik-asik baca koran yang baru dateng, gue diganggu sama sebuah iklan dari sebuah operator CDMA terkenal (dan banyak juga temen gue yg make *ngelirik sana sini sono ;)) )

okeh, iklan itu ada di antara sebuah artikel yang ngabisin ampir sehalaman koran.

GSM MAHAL BERLAGAK MURAH, EMANG NGURAS DUIT.
PAKE ESIA, TERIMA TELPON MALAH DAPET DUIT!

yg bikin ganggu itu, kata-katanya!
ampuunn! gue ngerti sih elu nawarin tarif elu dan smua operator juga begitu. tapi, PLIS DONG! apa iya harus ampe ngejelek-jelekin operator laen? mnurut gue, bahasanya itu sama aja ngajak brantem! dan ga cuman iklan di koran aja, di tipi pun, operator itu juga sama aja kata-katanya. ngajak adu jotos!

bukannya mo ngebela operator yg udah setia gue pake selama lebih dari 4 taun yah, tapi operator yg gue pake ini seenggaknya lebih manusiawi dan ber-peri-ngiklan-an. sepanjang gue ngebaca iklan di koran, operator ini ga pernah ngejelek-jelekin operator laen. dan jelas-jelas ngasi tanda bintang di sebelah huruf segede-gede gaban ‘Rp. 1/detik‘-nya, which is menandakan kalo emang tarif itu punya ketentuan dan syarat-syarat. begitupun dengan operator yang laen. mungkin nyindir-nyindir pernah, tapi ga separah operator yang ini kan?

buat gue sih wajar yah. kalo emang mau dapet yg murah, kudu ada kompensasinya juga. ga bisa cuman kita yg untung sementara pihak laen dirugikan. ga bisa gitu. nah, ini juga berlaku buat persaingan tarif operator seluler. kalo mo dapet murah, tentu ada syarat-syaratnya juga. toh walopun gitu, banyak juga yg tergiur dan kemakan iklan. ya kan? ;))

kayak gue, yg ngerasa diuntungkan dengan program isi pulsa xtra yg ditawarin oleh operator yg gue pake. dengan ngisi pulsa xtra, gue bebas nge-sms mereka-mereka yg pake operator sama ampe jempol gue karatan, GRATIS! 100 sms per hari selama sebulan. enak kan? tapi, kompensasinya, gue harus ngerogoh kocek lebih dalem tiap bulannya, skitar 100 rebu demi bisa menikmati fasilitas tersebut dan harus tahan ga ngeboros-borosin pulsa cepek gue itu slama sbulan.

pun kayak tarip Rp.1/detik-nya. yg punya syarat-syarat tertentu. karna gue ga terlalu suka telpon-telponan, gue ga ambil pusing. tapi buat mereka yg mungkin suka telpon-telponan itu termasuk tarif murah meskipun syarat-syaratnya bikin pusing. tapi buktinya banyak kok yg akhirnya pindah ke operator ini demi nelpon Rp. 1/detik-nya. ya ga? ;;)

kalo soal pindah-pindah operator ato bandar simcard (punya aneka macem simcard seluler! wakakaka!), itu sih urusan masing-masing yah. gue ga mo ambil pusing. suka-suka dia lah.

tapi, gue paling males sama iklan yg begitu itu tuh! kok ya kesannya, DIA OPERATOR PALING OKE! dengan majang iklan segede-gede gaban di koran nasional gitu, bikin mata katarak dan males baca koran cuman gara-gara iklan sebiji. huh!
plis deh, ga ngerti sopan santun kali yah tuh bagian periklanannya. gue rasa pemerintah harus bikin peraturan mengenai periklanan deh ;))

PS: maaf buat yg make operator tersebut, bukan maksut hati menghina dll. cuman mau mengungkapkan kekesalan. percaya deh, ga ada operator yg sempurna. masing-masing pasti punya sisi baik dan buruknya šŸ˜€


25 Comments

  • ben

    17 December 2007

    ghehgeheheghe…
    mari kita bakar saja itu E***
    *suara hati pengguna GSM sejati(hey, it rhymes)*
    KUDA!*kikod*

    itu dia makanya gue mikir berkali-kali buat beli CDMA.
    kadang2 pengen sih. tapi, emang bener2 butuh yah?

    *ngelirik si pemake E*** ;))

    Reply
  • Praditya

    17 December 2007

    Sikut2an di iklan itu sih disini udah biasa… šŸ˜€
    Misalnya iklan kacang, motor, dll…
    Btw, Bebas Xtra bulan depan udah gak ada lagi kan? ;))

    hu uh.
    tapi ga suka sama bahasanya itu loh, mas…
    BERLAGAK MURAH
    dih situ jugaaa.. BERLAGAK OKE

    doh iyaaa… sedihnyaaaa :((

    Reply
  • ben

    17 December 2007

    tsk tsk tsk..

    paling daku klo pake cdma ikut kata bonyok, pake pleksi.

    Reply
  • toni

    17 December 2007

    Itu namanya manajemen konflik, udah biasa kok :P…..

    Reply
  • annots

    17 December 2007

    Mungkin karena yang punya perusahaan masih jadi menteri jadi ya semau gw dong…, lagian kamu baca SMS gituan, harusnya begitu masuk langsung “Hapus pesan”

    “Anjing” *kikotku :(( *

    Reply
  • annots

    17 December 2007

    maaf salah paham, tak pikir iklannya lewat SMS spt biasanya. Ternyata ada skrinsyurnya.

    Ya maklum saya ini kan bagai “Kodok” dalam tempurung *kikotku dari tadi kok aneh ya šŸ˜• *

    Reply
  • annots

    17 December 2007

    ah tanggung, sekalian hetrik.. šŸ˜€

    eh kikotnya ngingetin aku pada seorang temanku Skul dulu “Badak” *moga dia baca tulisan ini*

    Reply
  • didut

    17 December 2007

    4 tahun yah … saya mungkin 7 taon gak pernah ganti-ganti šŸ˜›

    Reply
  • zam

    17 December 2007

    wakaka.. kalo saya sih memakai sesuai kebutuhan saja. saya kan ndak seneng ngumbar SMS atau nelpon. kalo perlu nelpon ya nelpon, perlu sms ya baru sms..

    kalo pengen ngirit, gak usah pake HP..

    bahasa iklan emang gitu. tujuannya “menggugah” pembacanya. dan iklan itu berarti emang berhasil menggugah dirimu..

    wekekeke

    Reply
  • ekowanz

    17 December 2007

    wes pake HT aj lah ut…murah meriah to..kaya jaman2 perang gt, ato pake radio CB juga bisa

    Reply
  • Ibu kos

    17 December 2007

    aduh nak…..
    ibu mah sudah capek dengerin beginian…
    bikin orang2 gonta-ganti simcard, susah ponbuknya ngeedit mulu….

    Reply
  • diah

    17 December 2007

    ho`ohh yaaaa…. koq brasa ajakan adu jotos yaa..:))

    so, dirimu jadi ganti profider???

    Reply
  • unai

    18 December 2007

    Bahasa iklan ya begitu ituuu

    Reply
  • Fa

    18 December 2007

    ah… si ‘operatornya uthie’ juga pernah kok bikin iklan begituh, contoh yg keinget sih yg soal ‘syarat dan ketentuan’ nggak boleh masuk kelas ‘bebas’, tapi kayaknya dulu ada yg lebih ‘sadis’ lagi, hehehe… (maap, nggak terlalu merhatiin iklan seh)

    bahasa iklan emang cenderung pedas (tau deh, ada kode etik per-iklanan apa nggak di dunia ini).

    btw, saya juga pake E*** lho skrg, buat telpon jarak jauh aja, lumayan hahaha… (oh, baru sadar, saya termasuk bandar simcard, huehueheu)

    Reply
  • iks

    18 December 2007

    sama! aku juga terganggu dengan iklan itu!

    Tapi lebih terganggu dengan iklan XL Rp 1 di dada wanita, maksudnya apaaa??!

    Reply
  • dy

    18 December 2007

    gimanapun bunyi iklanny, kalau aku tetep setia sama yg katanya jangkauanny paling luas ;))
    lho kok ngikutan iklan jg ya..:D

    Reply
  • sHar

    19 December 2007

    waks,
    aku pengguna si operator itu loh ;p
    perang iklan mah strategi bisnis *anaq teknik yg sotoy* šŸ™‚

    Reply
  • mysyam

    19 December 2007

    Setuju dg komen iks diatas, Rp.1/detik itu mamerin tarif ato ngajak orang liat dada.. ;))

    Reply
  • Ai

    19 December 2007

    Uthieee..kangen baca postinganmuu. *peluk*

    Walah..perasaan E*I* emang suka nyindir provider lain tuh thie. Maklum lah. berasa paling bagus.
    *itu emang alamiahnya sifat sebuah merek sih :p *

    Reply
  • Juminten

    19 December 2007

    eh, saya udh pernah komen panjang jeung di sini! šŸ˜®
    mana komennya? :(( huhuhu… masa ngulang lg? šŸ™ hix…
    iya deh, diulang aja, yak!
    gw pengguna XL Bebas dan sekaligus pengguna Esia jg.
    menurut gw dua2nya memiliki kelebihan masing2.
    XL gw pake buat smsan *secara temen2 gw 80% pake XL! ;))*
    kalo Esia gw pake buat nelp *sama, temen gw rata2 jg punya Esia* šŸ˜€
    jd yah biar saling jatuh2an di iklan, gw tetep “kasih makan” dua2nya, kok! ;))

    *duh, btw… kok kayaknya msh asyikan komen gw kemarin, ya? :(*

    Reply
  • gaw

    20 December 2007

    hush.. berisik! ribut aja

    Reply
  • titiw

    24 December 2007

    Lah.. biasanya mah orang yang ngerasa jelaek malah jelek2inorang lain. Gak proper deh tu cdma satu.. Huhuhuhu..

    Reply
  • titiw

    24 December 2007

    Lah.. biasanya mah orang yang ngerasa jelek malah jelek2in orang lain. Gak proper deh tu cdma satu.. Huhuhuhu..

    Reply
  • Azhar

    25 December 2007

    Semua sama.
    Si Rp 1/detik juga suka nyinggung Si Nol dan Si 0,5.

    Era pasar bebas, sist

    Reply
  • TiTiSh

    25 December 2007

    Satu lg iklan sing tipikal begini…

    ‘Masuk angin kq musti pinter!’

    Reti kan manas2i iklan yg mana?? =P

    Reply

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.